PEMANFAATAN
MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK BAHASA ARAB
SISWA
Bahasa
Arab merupakan salah satu bahasa internasional yang digunakan dalam PBB. Hal
tersebut menunjukkan bahwa pengguna bahasa Arab merupakan pengguna terbesar di
lingkup dunia. Selain itu, kini banyak negara-negara Arab yang membuka peluang
besar untuk memberikan pembelajaran bahasa Arab terhadap para penutur asing
(orang-orang non-Arab), mulai dari pembelajaran secara cuma-cuma hingga yang
berharga mahal, seperti Qatar University yang memberikan peluang kepada seluruh
penutur asing non-Arab di dunia untuk belajar bahasa Arab selama jangka waktu
satu tahun dengan secara gratis.
Pembelajaran
bahasa Arab yang dulu dikenal dengan metodenya yang salafiy atau
konvensional selalu menjadi salah satu mata pelajaran yang menjemukan bagi para
pembelajarnya, karena dahulu pembelajaran bahasa Arab dihadirkan di
pesantren-pesantren klasik yang masih belum banyak mengenal teknologi. Namun
kini, seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi mulai dikenal oleh
masyarakat luas, pembelajaran bahasa Arab hadir dalam bentuk yang lebih menarik
seperti penggunaan media kaset, radio, televisi, komputer, lab. Bahasa, bahkan
pembelajaran distance learning yang disajikan langsung oleh para penutur
aslinya.
Pembelajaran
bahasa Arab yang telah mulai berbasis TIK ini diharapkan akan memberikan suatu
hal baru yang positif didalam meningkatkan kompetensi pembelajar bahasa Arab
untuk mengaplikasikan bahasa tersebut secara lebih aktif dan produktif dalam
tulisan maupun lisan. Selain itu, dengan adanya TIK didalam pembelajaran bahasa
Arab pun diharapkan bahwa peserta didik tidak lagi gaptek (gagap teknologi)
terhadap kemajuan teknologi untuk menyongsong era globalisasi di masa sekarang
dan mendatang.
Dalam
kegiatan pembelajaran bahasa setidaknya ada dua hal yang perlu diperhatikan,
yaitu proses pengajaran dan tujuan yang akan dicapai. Proses pengajaran pada
hakikatnya adalah proses komunikasi antar partisipan, yaitu antara guru dan
siswa. Guru menyampaikan pesan berupa materi pelajaran kepada murid dalam
bentuk wacana baik secara lisan maupun tulisan.
Dalam
penyampaian materi maka media memiliki peranan penting didalam menarik minat
siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Materi yang dikemas dalam media yang
baik mampu memberikan suasana belajar yang menyenangkan, sehingga para siswa
pun sebagai partisipan akan dapat menangkap pesan yang disampaikan oleh
pengajarnya dengan mudah. Selain itu, materi yang disampaikan melalui media
mampu memberikan dampak yang sangat positif dalam proses penyerapan dan
penyimpanan informasi di dalam otak siswa sebagaimana ilustrasi bagan berikut
ini:
Komunikasi
|
Daya
ingat
|
|
3
jam
|
3
hari
|
|
Verbal
|
70
%
|
10
%
|
Visual
|
72
%
|
20
%
|
Verbal
+ visual
|
85
%
|
65
%
|
Oleh
karena itu, dalam proses pembelajaran bahasa Arab pun perlu adanya perhatian
yang besar dari guru dalam mempersiapkan bahan ajar yang disertai media yang
mampu mendukung terjadinya proses belajar yang aktif, inovatif, dan produktif.
Dalam pencapaian tujuan pembelajaran tersebut diharapkan siswa tidak hanya
sekedar menghapal dan mengetahui kosa kata atau tata bahasa Arab, namun mereka
pun mampu mengaplikasikan seluruh kosa kata dan tata bahasa yang dipahaminya
dalam percakapan sehari-hari.
Perkembangan
dan kemajuan teknologi sekarang ini banyak memberikan alternatif media
elektronik untuk digunakan sebagai bahan ajar di kelas, akan tetapi alangkah
baiknya jika guru dapat memahami media yang sesuai dan dibutuhkan oleh siswanya
dalam belajar, seperti halnya media audio-visual pembelajaran bahasa Arab yang
banyak beredar di pasaran namun tidak seluruh media tersebut dapat diterapkan
dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah serta disesuaikan level-nya dengan
kemampuan siswa di sekolah.
Salah
satu media audio-visual pembelajaran bahasa Arab yang dapat digunakan adalah al-kitaab,
yaitu media berupa buku dan DVD. Media tersebut sangatlah cocok diterapkan
untuk pembelajaran menyimak siswa, khususnya yang masih berada pada level
pemula. Selain itu, media tersebut terdiri dari tiga tingkatan yaitu beginner
(pemula), intermediate (lanjutan), dan advance (tinggi), sehingga dapat
disesuaikan dengan tingkatan kemampuan siswa. Berdasarkan hal tersebut, media
ini membuat saya sangat tertarik untuk meneliti sampai sejauh mana kemampuan
menyimak siswa dapat meningkat jika dalam proses pembelajaran bahasa Arab
memanfaatkan media tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar