Rabu, 15 Februari 2012

Contoh RPP untuk Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pemanfaatan TIK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Madrasah     :           SMP ISLAM AS-SYAFI’IYAH 04
Mata Pelajaran       :           Bahasa Arab
Kelas / Semester     :           X / I
Alokasi Waktu        :           2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Menyimak: Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dan kehidupan keluarga.

Kompetensi dasar:
     Menyimak:
1.  Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat.
2.  Menemukan informasi dari wacana lisan atau dialog sederhana yang ditampilkan sebelumnya.
3.  Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana dengan struktur kalimat dasar.
4.  Mempraktekkan wacana lisan atau dialog yang telah diberikan secara berpasang-pasangan.

Materi Pokok:
Menyimak wacana lisan dan dialog tentang: التحية والتعارف

Indikator :
1.  Melafalkan dan mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar.
2.  Mendemonstrasikan التحية والتعارف sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan.
3.  Menjelaskan makna kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan.
4.  Menjelaskan gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan tentang التحية والتعارف dengan struktur kalimat dasar yang diperdengarkan.
5.  Mampu menjawab pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang التحية والتعارف  yang diperdengarkan.
6.  Mengungkapkan kembali (praktek) tentang isi wacana yang telah didengar.

Metode:
Metode belajar yang digunakan untuk istima’ (menyimak) adalah sam’iyyah syafawiyah, ceramah, praktek, tanya jawab, dan penugasan.

Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan serta mempraktekkannya bersama teman.

Langkah Pembelajaran:

NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

  • Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
  • Guru mengecek kehadiran siswa.
  • Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran.
  • Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
  • Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan.
  • Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan.
Buku/Slide






2
Kegiatan Inti

60 menit

  • Guru memperdengarkan wacana lisan yang telah tersedia dalam media kemudian dibacakan ulang  oleh guru.
  • Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar dan ikut melafalkan bersama guru.
  • Siswa mencocokkan tulisan yang tertera dalam buku dengan ujaran yang didengar.
  • Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru atau kata-kata yang belum dipahami.
  • Siswa mengidentifikasi makna kata, frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang  diper-dengarkan oleh guru dengan bimbingan guru.
  • Siswa menjelaskan makna kata,frase dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang  diperdengarkan dengan bimbingan guru.
  • Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan.
  • Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil, setiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang telah dibahas.
  • Setiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum.
  • Setiap kelompok mengungkapkan/ bercerita/ praktek kembali isi materi (kelompok lain menanggapi).
Kaset/mp3/video

3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/soal latihan hasil belajar.
· Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat.
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa.

Instrumen latihan


Sumber/Bahan/Alat Belajar:
  • Buku Pelajaran Bahasa Arab
  • Laboratorium Bahasa
  • Slide/Kaset/Mp3/video

Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
  •  Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar.
  • Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan.
  • Menentukan benar/salah ujaran yang didengar.
  • Menentukan tema dari wacana lisan.
  • Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
  • Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
  • Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit.

Tes tertulis

tulis

1.  Apa tema dialog tersebut?

2.    Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi?



KRITERIA PENILAIAN
  • Menyimak

No
Nama
Kriteria Dan Skala Penskoran
Skor
Mengidentifikasi tema
Menemukan informasi tersurat
Menemukan pesan
Menceritakan kembali isi wacana
1-15
1-20
1-30
1-35
100
1






2






3








                                                Bekasi, 20 Februari 2012
Mengetahui,
Kepala Madrasah                                       Guru Bidang Studi Bahasa Arab





Drs. H. Nawin Hasan                                  Irma Khalimatussadiyah, S. Pd.
                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar