RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Madrasah : SMP ISLAM AS-SYAFI’IYAH 04
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas /
Semester : X / I
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran
Standar
Kompetensi:
Menyimak: Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog
tentang perkenalan dan kehidupan keluarga.
Kompetensi
dasar:
Menyimak:
1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran
(kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat.
2. Menemukan
informasi dari wacana lisan atau dialog sederhana yang ditampilkan sebelumnya.
3. Merespon gagasan
yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana dengan struktur kalimat
dasar.
4. Mempraktekkan wacana lisan atau dialog yang telah diberikan secara
berpasang-pasangan.
Materi Pokok:
Menyimak
wacana lisan dan dialog tentang: التحية والتعارف
Indikator :
1. Melafalkan dan
mengulang kembali kata/kalimat yang telah didengar.
2. Mendemonstrasikan
التحية والتعارف
sesuai hiwar/teks lisan yang diperdengarkan.
3. Menjelaskan makna
kata, frase, dan kalimat dalam hiwar/teks lisan yang diperdengarkan.
4. Menjelaskan
gagasan yang terdapat dalam hiwar/teks lisan tentang التحية والتعارف dengan struktur
kalimat dasar yang diperdengarkan.
5. Mampu menjawab
pertanyaan tentang kandungan materi hiwar/teks lisan tentang التحية والتعارف yang
diperdengarkan.
6. Mengungkapkan
kembali (praktek) tentang isi wacana yang telah didengar.
Metode:
Metode belajar yang
digunakan untuk istima’ (menyimak) adalah sam’iyyah syafawiyah, ceramah,
praktek, tanya jawab, dan penugasan.
Tujuan
Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan
menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang perkenalan
serta mempraktekkannya bersama teman.
Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|
|
Kaset/mp3/video
|
||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
|
· Guru memberikan pertanyaan
lisan/soal latihan hasil belajar.
· Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat.
· Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa.
|
Instrumen latihan
|
Sumber/Bahan/Alat
Belajar:
- Buku Pelajaran Bahasa Arab
- Laboratorium Bahasa
- Slide/Kaset/Mp3/video
Penilaian:
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
|
Tes tertulis
|
tulis
|
1. Apa tema dialog
tersebut?
2.
Ceritakan
kembali isi dialog dalam bentuk narasi?
|
KRITERIA PENILAIAN
- Menyimak
No
|
Nama
|
Kriteria
Dan Skala Penskoran
|
Skor
|
|||
Mengidentifikasi
tema
|
Menemukan
informasi tersurat
|
Menemukan
pesan
|
Menceritakan
kembali isi wacana
|
|||
1-15
|
1-20
|
1-30
|
1-35
|
100
|
||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
Bekasi,
20 Februari 2012
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru
Bidang Studi Bahasa Arab
Drs. H. Nawin
Hasan Irma Khalimatussadiyah,
S. Pd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar